• mpm toraja

Dari Toraja ke Sharm El-Sheikh, Mesir


Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau Conference of Parties UNFCCC yang lebih sering disebut sebagai COP27 Sharm Elsheikh, adalah konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa ke-27 dan diadakan dari 6 November hingga 18 November 2022 di Sharm El Sheikh, Mesir. Tujuan utama dari COP27 ini adalah untuk menentukan target pengurangan emisi dari setiap pihak (negara) menuju zero emission dan menyepakati berbagai prosedur kompensasi terhadap kehilangan dan kerusakan (loss and damage) akibat perubahan iklim. Siapa yang akan memberikan kompensasi dan siapa yang menerima menjadi sebiah diskusi panas.

Di samping itu, di event terbesar PBB ini merupakan tempat yang sangat tepat untuk menyampaikan kerja-kerja berbagai organisasi yang berhubungan dengan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. COP juga merupakan tempat yang sangat sempurna untuk memperluas jaringan ke berbagai belahan dunia, akses ke berbagai pihak, dan menjalin kerja sama dengan organisasi non pemerintah.

Motivator Pembanguan Masyarakat (MPM), mendapat kesempatan untuk mempresentasikan kerja-kerja nyata yang telah dilakukan di Tana Toraja dan Toraja Utara di Indonesia Paviliun pada tanggal 17 Nopember 2022 di Sharm El-Sheikh. Pihak pemerintah Indonesia sendiri sangat menghragai presentasi MPM dan berharap bahwa MPM akan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perubahan Iklim untuk mempromosikan program Kampung Iklim (PROKLIM). Sesi dimana Tandu Ramba dari MPM memberikan presentasi bisa dilihat di https://youtu.be/EU-s78nDpjA.

Pada hari yang sama sebuah pertemuan singkat dengan Jaringan Aksi Perubahan Iklim Asia Tenggara (Climate Action Network South East Asia (CANSEA)) untuk menjadi anggota dari jaringan ini. Hasil yang ingin dicapai dari keanggotaan ini adalah, MPM lebih berpeluang untuk mengakses berbagai pendanaan kegiatan-kegiatan perubahan iklim di tingkat Internasional.



28 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua